cara membuat bubur kanji rumbi

Acehpol.com - Bubur Kanji merupakan menu buka puasa bagi Masyarakat Pidie, Aceh. Hampir setiap gampong di Aceh memasak bubur kanji  di meunasah maupun di mesjid sebagai penganan berbuka puasa.

Hal ini dikarnakan sudah dijadikan tradisi turun-temurun dilakukan oleh Masyarakat yang berada di Pidie sampai dengan sekarang apabilan saat datangnya bulan  puasa Ramadhan.

bubur-kanji

Bubur ini menjadi pilihan banyak orang saat berbuka puasa karena rasanya yang ringan, tidak pedas, dan tidak  mengganggu bagi perut yang kosong selama seharian, yang akan berefek kepada berat akan melakukan shalat tarawih.

Oleh karena itu bubur ini banyak sekali dijual dipinggiran jalan terutama saat sore hari menjelang magrib untuk menu berbuka puasa. Rasanya yang gurih membuat semua orang menyukainya.

Banyak sekali variasi bubur yang ditawarkan oleh penjual. Ada yang disajikan bersama udang, ayam bahkan ada yang disajikan dengan kepiting dan bawang goreng. Semuanya terasa enak dan lezat.

kalau di mesjid bubur ini disajikan bersama potongan daging ayam, udang rebus dan bawang goreng. Tentu saja hal ini membuat gurih rasanya dan bahan yang dipakai mudah utuk didapat.

Biasanya masyarakt membuat makanan khas Aceh ini dengan bergotong royong. bahan utama biasanya ayam karna mudah didapat, karena di sumbangkan oleh warga setempat setiap rumah satu ekor ayam, dan setelah bubur kanji masak akan dibagikan lagi ke masyarakat.



Masyarakat yang terdiri dari kaum laki-laki saat sore hari di bulan ramadhan membawa rantangan atau wadah untuk menerima pembagian kanji rumbi yang di masak di meunasah. Mereka akan beramai-ramai membawa pulang ke rumah untuk disantap bersama keluarga kala waktu berbuka puasa tiba.

Bumbu yang digunakan untuk membuat bubur kanji adalah seperti ketumbar, merica, adas manis, pekak, kayu manis, bawang merah, biji pala, dan jahe. Bumbu-bumbu inilah yang membuat bubur akan terasa hangat dan berbau rempah.

Cara membuat buburnya pun sedikit berbeda dari cara membuat bubur pada umumnya. Bahan rempah tadi tidak dimasukkan secara langsung ke dalam rebusan bubur. Namun dibungkus dengan kain tipis.

Hal ini untuk mengurangi banyaknya rempah yang tercampur di dalam bubur  saat masak nanti yang mungkin jika tidak dibungkus bumbu rempah akan ikut termakan.

Bagi masyarakat Pidie,Aceh, bubur kanji  bukan makanan asing. Setiap tahun, di sepanjang bulan puasa, Masyarakat Aceh memiliki kebiasaan untuk berbuka puasa bersama di mesjid dan meunasah.

Pada setiap meunasah, bubur kanji  selalu menjadi hidangan pembuka, setelah berpuasa. Bukan hanya di kampung, di kota juga tradisi memasak kanji ini masih dilakukan.

Jadi bubur kanji sangat melekat dengan bulan puasa Ramadhan, ingat kanji maka ingat bulan puasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "cara membuat bubur kanji rumbi"