Tips Sukses Merantau Ke Malaysia Wajib Baca Karena Merantau Kunci Sukses Orang Kaya di Dunia

malaysia
Malaysia Sebagai negara yang serumpun dengan kita, jadi kita cenderung mudah untuk beradaptasi dengan cepat di negara ini

Acehpol.comMalaysia - Ingat ini baik-baik sebelum merantau atau hijrah “Semua perbuatan kita tergantung pada niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; barangsiapa niat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah kepada Allah dan Rasul-Nya.

Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan.”. (HR.Bukhari : 52)


Zhang Xin, wanita asal Cina yang kekayaannya melebihi Donald Trump sukses mengubah nasib setelah merantau ke negri Ratu Elizabeth Inggris.

Tadashi Yanai, founder retail Uniqlo dengan kekayaan 15,5 Miliar US Dolar, Ia ditetapkan sebagai orang terkaya nomor satu di Jepang , juga melaksanakan hal serupa. Ternyata merantau menjadi kunci sukses kedua tokoh di atas ini.

Di Indonesia, budaya merantau pun kian melekat di sebagian masyarakat kita. Orang kita  merantau ke Malaysia , Belanda , Suriname, Australia, dan Kaledonia Baru demi bisa sukses dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Ini Negara-negara Asing dengan Jumlah Warga Indonesia Terbanyak

Malaysia (2.5 juta jiwa)
Belanda (395 ribu jiwa)
Suriname (90 ribu jiwa)
Australia (86 ribu jiwa)
Kaledonia Baru (7 ribu jiwa)

Namun, apakah mereka yang merantau seperti ke Malaysia  pasti akan menjamin sukses? Tentu saja tidak. Apalagi kita tidak punya persiapan yang matang, merantau bisa jadi momok menakutkan bagi  kehidupanmu. Nah, agar tidak salah dalam mengambil keputusan, lihat dulu tips agar sukses di perantauan.


1. Temukan dan Bergabunglah dengan Komunitas-komunitas Sesama Perantau yang nantinya akan Jadi Obat Rindu Ketika Ingat Rumah agar kita bisa betah dan bertahan diperatauan.

Salah satunya bergabung di grub media sosial sperti  di grub Fecebook yang  sekarang mulai banyak dibuat,  disitu kita dapat menuangkan prasaannya dan tentunya untuk memberi info-info penting penting yang terjadi di perantauan maupun kampung halaman.

Anda bisa bergabung dengan GRUP ANAK RANTAU ACHEHMALAYSIA  [GARAM] atau grub-grub lain yang berhubungan dengan anda.
Perantau adalah pahlawan devisa karena dalam setahun bisa menghasilkan devisa 60 triliun rupiah
Bagaimanapun, rumah adalah tempat paling nyaman yang akan selalu anda rindukan. Tidak akan ada tempat yang bisa menggantikan kenyamanan (rumah-red) saat bisa berkumpul bersama orang tua dan keluarga

2. Sebelum anda Memutuskan Pergi untuk merantau Persiapanmu Harus Benar-Benar Matang jadi pikir terlebih daulu tentang rencana-rencana anfa, Tempat Tujuan, Hitung Biaya Hidup yang Dibutuhkan untuk sehari-hari, dan Pelajari Kultur di Tempat Barumu Nanti.


3. Pastikan Anda Punya sanak Saudara, Teman, Atau Kenalan yang Bisa Dimintai Bantuan dalam Situasi yang Mendesak karena saat kita pertama tiba di negri orang kita tidak akan tahu apa yang harus kita lakukan maka orang yang kita kenal sangat membantu untuk proses adaktasi yang baik.

Di Tempat Rantau, Anda Wajib memiliki Skill Beradaptasi dan Kemampuan Membawa Diri
“Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”

Ya, seperti  peribahasa yang ada di atas, skill beradaptasi dan kemampuan membawa diri adalah hal yang penting. Keduanya  sangat lah  menentukan kemampuanmu untuk bertahan hidup dan sukses di perantauan.

4. Rumus Wajib Bagi Para Perantau: Hidup Hemat dan Pintar-Pintar Menyisihkan Uang

Sebenarnya, siapapun layak menerapkan pola hidup hemat dan kebiasaan menabung. Tapi  khusus bagi para yang berjuang di negri orang, dua hal ini sudah jadi ilmu pasti.

Kebiasaan menghemat  alias menabung pun tak boleh terlupakan. Tabungan bisa jadi prestasi atau bukti kemandirianmu mengelola keuangan. Selain itu, tabungan juga bisa dijadikan dana cadangan jika sewaktu-waktu ada kebutuhan yang sangat mendesak atau tak bisa menunggu.

5. Tanah Rantau Itu Ibarat Lahan kosong kamu bebas mau menanam apa di dalamnya. Buka Dirimu Seluas-luasnya Demi Menemukan teman Baru.

Tinggal di tempat baru atau perantauan memberimu kesempatan untuk memperluas pergaulan. Anda bisa punya banyak teman-teman baru, Teman-teman baru inilah yang lambat laun membuatmu merasa betah dan seperti menemukan “rumah”.

Mereka pulalah yang tak akan segan membantu dan memberi dukungan saat anda sangat membutuhkannya.
 Tapi Adakalanya Kita Akan Pulang ke Rumah dan Kita Bagun Aceh Sama-sama

6. Anda Pun Wajib Bersikap Ramah dan Sopan, Baik dengan Sesama Perantau Maupun Warga Asli Daerah yang Anda Tinggali

Sebagai pendatang baru, anda tentu harus bersikap baik di tempat barumu. Bersikap baik lah kesemua orang agar disukai kita juga disukai sehingga usahamu untuk beradapsi bisa jadi lebih mudah.

Ramahlah kepada orang-orang baru yang anda temui di kampus atau tempat kerjamu. Murahlah berbagi senyum sehingga orang akan menilaimu sebagai pribadi yang menyenangkan. Anda pun layak bersikap sopan yang berarti menghargai lingkungan baru yang kini anda tinggali.

7. Jika Ingin Sukses, Anda Harus Punya Karakter Gigih, Pantang Mengeluh, dan Tahan Banting

Merantau memang selalu  identik dengan kesuksesan. Sangat Banyak orang yang akhirnya bisa punya kehidupan yang lebih layak setelah mantap memutuskan untuk merantau.

Bagi sebagian mereka yang tinggal di daerah atau pedalaman misalnya, kota-kota besar tentu terlihat menarik untuk dituju.

Dengan Banyaknya peluang kerja, fasilitas yang lebih maju, dan taraf hidup yang lebih tinggi bisa menjanjikan kehidupan yang lebih baik.

8. Di Tempat Baru, Jangan Pernah Berhenti Mengembangkan Dirimu

Yup, lingkungan dan tempat tinggal barumu sah menawarkan berbagai kesempatan untuk maju. Anda pun layak memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

9. Merantau Bukan Perkara yang simpel. Anda Harus benar-benar Punya Alasan Kuat Sebelum Meninggalkan Kampung Halamanmu!

Nah, gimana? Apakah anda yang saat ini tengah merantau sudah menerapkan hal-hal di atas? Buat anda yang bersiap akan merantau, semoga bisa mantap dengan pilihan dan keputusanmu.

Editor Acehpol: Bunga, Artikel ini dikutip dari Berbagai sumber

Tinggalkan Komentar Ia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Sukses Merantau Ke Malaysia Wajib Baca Karena Merantau Kunci Sukses Orang Kaya di Dunia"